5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Sesuai Minat dan Bakat | Mashengki.com 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Sesuai Minat dan Bakat - Mashengki.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Sesuai Minat dan Bakat

Melanjutkan pendidikan sampai ke tingkatan perguruan tinggi tentu saja jadi mimpi beberapa orang. Untuk Anda yang telah lulus SMA dan pengin meneruskan kuliah tentu saja dihadapkan dengan bermacam opsi jurusan. Ada banyak jurusan yang ditawarkan oleh bermacam perguruan tinggi, jalur-jurusan itu umumnya terbagi dalam keguruan, kedokteran, hukum, politik dan ada banyak yang lain.

Tetapi, cukup banyak dari calon mahasiswa yang berasa bingung harus memilih jurusan kuliah apa sebab ada banyak hal yang harus diperhitungkan. Untuk Anda yang kebingungan untuk menentukan jurusan kuliah yang akan diputuskan, di bawah ini beberapa tips yang bisa menolong dalam menimbang jurusan kuliah supaya sesuai bakat dan minat

1. Mengenali Minat dan Talenta yang Dimiliki

Tips pertama yang penting untuk Anda pikirkan saat memilih jurusan kuliah ialah harus lebih mengenal bakat dan minat yang dipunyai lebih dulu. Bakat dan minat penting untuk Anda ketahui dan jadi alasan agar mendukung karier pendidikan yang akan dilakukan selama ada di perguruan tinggi. Anda tidak akan berasa terbeban bila memilih jurusan yang sesuai bakat dan minat.

Jika Anda sudah mengenal bakat dan minat diri kita, maka untuk memilih jurusan kuliah yang akan diambil bisa disamakan dengan bakat dan minat itu. Jurusan kuliah yang diputuskan berdasar minat bisa menjadi motivasi dan semangat sepanjang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Sesuai Minat dan Bakat

Pikirkan saja jika Anda memilih jurusan yang tidak sesuai minat. Pasti nanti Anda akan berasa malas dan kurang semangat sepanjang mengikut proses perkuliahan. Jurusan kuliah yang pas dengan minat Anda bisa ditempuh dengan gampang walau kedepan bakal ada saat-saat susah saat memasuki semester tua.

Seperti dijumpai jika pendidikan yang perlu dilakukan di perguruan tinggi memakan waktu yang lumayan lama umumnya 5-7 tahun. Penyeleksian jurusan kuliah sesuai talenta penting juga untuk Anda cermati. Jika Anda semasa di tingkat sekolah mempunyai talenta dalam sektor kesenian, saat kuliah Anda bisa memilih jurusan yang kuat hubungannya dengan seni seperti seni tari, seni musik, dan kesenian yang lain.

2. Mencari Info Jurusan Sebanyak Mungkin

Memilih jurusan kuliah yang sesuai bakat dan minat mengharuskan Anda untuk mencari info sebanyak-banyaknya. Anda harus sanggup menggali info terkait perguruan tinggi dan jurusan kuliah yang akan diputuskan. Untuk memperoleh info itu, Anda bisa menanyakan kepada pihak universitas atau beberapa alumninya.

Jika jarak universitas yang diminati begitu jauh dengan rumah Anda, coba untuk manfaatkan internet dan cari tahu info lewat web resmi dari universitas itu. Umumnya web universitas memberi beberapa info berkaitan universitas, dimulai dari profile, jurusan, penghargaan, profile alumni yang sukses, sampai ongkos kuliah yang perlu dibayar tiap semesternya.

Mencari tahu info jurusan sebanyak mungkin akan membuat Anda lebih memahami terkait jurusan itu, hingga bisa dicocokkan dengan bakat dan minat yang dipunyai. Saat sebelum menentukan suatu pilihan jurusan kuliah, memang lebih bagus jika Anda lebih dulu menimbangnya berdasar info yang didapat.

Jika anda mencintai komputer, anda harus pahami perbedaan mengenai jurusan IT (Tehnik Informatika), Tehnik Komputer, Sistem Informasi, Sistem Informatika dll janganlah sampai salah jurusan

3. Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Prestasi dan Pengalaman

Tips selanjutnya yang bisa jadi alasan Anda saat memilih jurusan kuliah ialah prestasi dan pengalaman yang dimiliki. Sepanjang menempuh pendidikan pada tingkat sekolah menengah, umumnya Anda akan mengenali prestasi apa yang sudah dicapai dan pengalaman yang didapatkan sepanjang mengikut aktivitas di sekolah atau di luar sekolah.

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Sesuai Minat dan Bakat

Jika Anda berpretasi dalam sektor akademis seperti Matematika atau yang lain, Anda bisa jadikan rujukan itu untuk memilih jurusan kuliah. Prestasi yang dicapai dalam sektor non akademis seperti olahraga atau yang lain juga bisa Anda jadikan sebagai referensi menentukan jurusan kuliah yang pas di perguruan tinggi nanti.

Pengalaman yang Anda dapatkan sejauh ini dapat membantu dalam menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih. Jika sejauh ini Anda sudah mengetahui dan berasa mempunyai banyak hal yang lebih mencolok di sektor-sektor spesifik, maka hal ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih.

4. Menyesuaikan dengan Pekerjaan Impian

Tiap orang tentu saja mempunyai harapan atau pekerjaan dambaan yang diimpikan semenjak kecil. Coba ingat masa SD saat guru menanyakan "Kelak jika besar pengin menjadi apa?" tentu anda dengan senang menjawab "Jadi dokter, polisi, perawat, pemadam kebakaran dll"

Memilih jurusan kuliah jadi gerbang awalnya untuk Anda untuk meraih pekerjaan impian. Walau sebenarnya banyak lulus kuliah yang memperoleh pekerjaan tidak sesuai jurusan, tetapi Anda tetap harus menimbang hal itu sejak dari awalnya.

Jika Anda mimpi ingin bekerja di dunia kesehatan atau jadi seorang dokter, karena itu jurusan kuliah yang diputuskan harus berhubungan dengan kesehatan dan kedokteran. Jurusan keguruan bisa Anda tentukan jika mempunyai impian untuk bekerja sebagai tenaga pengajar dimasa depan. Sesuaikan jurusan kuliah yang akan dipilih dengan pekerjaan impian menjadi salah satunya tips yang perlu untuk diperhatikan.

Tidak bisa disangkal jika banyak sarjana yang memperoleh pekerjaan dan tidak sesuai jurusan yang diambilnya selama kuliah. Jurusan kuliah benar-benar tidak seutuhnya jamin karier Anda kedepan.

Rekan saya lulusan sarjana IT bermacam-macam pekerjaannya, ada sebagai peternak ikan, kurir, sales HP, dagang buah dan lain-lain

Tapi dengan mempertimbangkan karier impian yang ingin dicapai di hari esok minimal Anda akan memiliki gambaran untuk memilih jurusan kuliah yang paling mendekati mimpi itu

Agar bisa meraih pekerjaan impian, tentu saja tidak bisa dikerjakan secara instan. Ada proses-proses yang perlu dilakukan untuk memperoleh pekerjaan itu. Usaha awalnya yang bisa dikerjakan oleh Anda yakni dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai pekerjaan impian yang akan dicapai di hari esok.

Misalkan, anda pengin jadi guru karena itu ijazahanya harus sarjana pendidikan bukan perawat atau pakar kimia. Jika ijazahnya telah sesuai, anda tinggal konsentrasi belajar supaya bisa lolos penyeleksian pekerjaan yang diinginkan

5. Tidak Mengikut Kehendak Orang lain

Tips selanjutnya yang juga sangat penting dari beberapa tips awalnya untuk memilih jurusan kuliah, yaitu tidak mengikut kehendak seseorang. Anda yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi selama beberapa tahun, berarti, harus diri Anda sendirilah yang menentukan jurusan kuliah yang mana akan diputuskan. Mengikut rekan-rekan yang memilih satu jurusan kuliah pun tidak disarankan untuk Anda lakukan.

Sebagian dari Anda mungkin ada yang ditujukan atau disuruh oleh keluarga, terutamanya orangtua untuk memilih jurusan spesifik. Misalkan, ketika orang tua pengin jadikan anaknya menjadi dokter hingga anaknya diminta untuk memilih jurusan kedokteran. Tentu saja hal itu tidak sesuai bakat dan minat yang ada dalam diri Anda, kan?

Pendidikan yang Anda tempuh sepanjang kuliah cuman bisa menjadi beban yang perlu segera dituntaskan, tanpa bisa nikmati prosesnya. Untuk menangani hal yang tidak diinginkan itu, Anda perlu meyakinkan diri kita dan orang-orang terdekat yang selalu memberikan dukungan jika pilihan yang diambil menjadi keputusan terbaik dan paling tepat dengan kemauan dan arah hidup Anda.

Perlu Anda ketahui jika kehidupan di universitas tidak selalu mudah sama seperti yang kerap dipertunjukkan dalam film sinetron atau drama. Oleh karenanya, Anda harus sanggup menjalani lika-liku kehidupan universitas dengan sebaik-baiknya. Menentukan jurusan kuliah oleh diri sendiri bisa memudahkan proses yang dilakukan tanpa perlu berasa terbeban sebab tidak sesuai kemauan.

Janganlah sampai anda menghabiskan waktu terlalu lama dibangku perkuliahan karena merasa salah tentukan jurusan, 4 tahun menempuh jurusan olahraga sebab menganggap kurang potensial pada akhirnya berpindah jurusan Guru Bahasa Indonesia. Itu cuman percuma, buang usia dan buang uang

Michelle Gea
Michelle Gea Suka menulis, membaca, dan mendesain. Berusaha membuat yang terbaik untuk kalian

Post a comment for "5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Sesuai Minat dan Bakat"

Berlangganan via Email