Cara Membuat Artikel Pilar untuk Pemula Agar SEO | Mashengki.com Cara Membuat Artikel Pilar untuk Pemula Agar SEO - Mashengki.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Artikel Pilar untuk Pemula Agar SEO

Cara Membuat Artikel Pilar


Membuat Artikel Pilar ---Banyak orang yang mengatakan bahwa untuk berada pada di posisi pertama pada pencarian google, kita wajib membuat artikel lengkap dan tidak berbelit-belit. Dan diwajibkan membuat artikel yang panjang.

Memang kalian juga harus tahu persaingan pada keyword yang kalian targetkan, siapa yang lebih bagus otomatis dia berada di posisi atas.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat artikel pilar, ingat pilar ya bukan viral.

Apa itu Artikel Pilar?

Artikel Pilar adalah sebuah artikel yang disusun sedemikian rupa, dengan porsi yang lengkap dan memiliki artikel pendukung yang banyak. dan sudah dapat dipastikan susunan artikel pilar itu rapi bukan asal-asalan.

Pernahkah kalian melihat sebuah judul artikel dengan angka di depannya, contohnya : "30 tempat wisata paling bagus di indonesia"

Dan proses pembuatan artikel pilar itupun butuh waktu yang lumayan lama, agar artikel tersebut terlihat menawan dan layak mendapatkan posisi pertama di google.

Cara Membuat Artikel Pilar.

Membuat artikel pilar tidak cukup dengan hanya artikel yang panjang, belum tentu dengan artikel panjang kalian bisa mendapatkan posisi pertama di google. Kenapa begitu?

Saya ingin bertanya, kalian suka artikel to the point atau berbelit-belit? sudah pasti to the point bukan.

Nah sama halnya dengan artikel pilar, meskipun artikelnya panjangnya sepanjang jalan kenangan namun isinya hanya mutar-mutar doang , itu juga gak bagus, kalian juga wajib memikirkan user experience.

1.Riset Keywordnya Dahulu

Kalo itu mah udah pasti atuh mas!, iya tau sabar saya jelasin. Riset keyword untuk artikel pilar dan artikel biasa itu hampir sama,cuma untuk bagian riset keyword artikel pilar lebih rumit dari artikel biasa.

Karena kalian harus memperbanyak keyword turunan, dan tiap keyword kalian harus membuat masing-masing satu artikel.


Artikel Utama : Jenis Ikan Hias.

Artikel Turunan: Jenis Ikan Hias air Tawar

Artikel Turuna: Jenis Ikan Hias Air laut


Seperti itulah kira-kira penulisan artikelnya, lebih banyak artikel pendukung maka semakin bagus pula. Dengan begitu pembaca akan lebih muda dan tidak bingung setelah selesai membaca artikel kalian.

2.Buatlah Table Of Content

Kenapa saya menyarankan membuat TOC padahal sedang belajar cara membuat artikel pilar, terus apa hubungannya?

Disaat kita membuat artikel panjang, terkadang orang suka bingung, dibagian mana hal yang di cari.

Contoh artikel kalian membahas ikan hias air tawar, karena sakin banyaknya jenisnya dia bingung posisi ikan hias air tawa yang dia cari itu di nomor berapa, atau pada paragraf berapa.

Dengan membuat Table of Conten si pembaca akan lebih mudah untuk menemukan hal yang dia cari, tidak mungkin semua orang ingin membaca artikel anda secara keseluruhan.

Jadi buatlah navigasi artikel yang bagus, dengan TOC itu akan dapat mempermudah pengunjung dan bagus untuk SEO juga.

3.Tidak Perlu Bertele-tele

Yang penting panjang, terkadang seorang penulis tidak memikirkan kualitas apa yang dia tulis. Karena percuma saja, karena rata-rata pengunjung itu maunya To The Point dan simpel, jangan harap bisa berada di page one dengan artikel bertele-tele.

Contoh saja, pengunjung hanya mencari Resep Masakan Padang, namun kalian menjelaskan dari sejarah masakan padang sejak perang 1 sampai ke 2.

Menurut kalian bagaimana, disaat kalian membaca artikel seperti itu. Asik atau tidak, kalo menurut saya itu sangat membosankan.

4.Gunakan Gaya Bahasa Yang Khas

Maksud saya, disaat kalian membuat artikel pilar atau artikel biasa, ya cobalah untuk menggunakan bahasa dan gaya bicara kalian sendiri.

Saya tahu kita tetap harus menjaga kualitas dari artikel kita sendiri, namun ingat terkadang kita harus mengutamakan pengunjung dan pembaca.

Jangan hanya berpatok pada robot, dll. Karena kita menulis artikel untuk manusia dan bukan untuk robot. dan kita bukan sedang menyusun skripsi.

Namun itu semua tergantung kalian saja, mau pake bahasa apa yang penting pesan tersebut tersampaikan kepada pembaca dengan baik dan mudah dimengerti sudah cukup kok.

5. Menulis Artikel Pilar dengan Sumber Terpercaya

Tidak hanya untuk artikel pilar , kalian wajib menulis berdasarkan fakta dan sumber yang dapat dipercaya.

Jangan sampai kalian hanya mengandalkan imajinasi kalian hanya untuk membuat artikel kalian lebih padat dan kaya akan kosakata.

Terkadang kita tidak tahu, meskipun kita hanya bercanda atau hanya guyonan semata. Orang lain belum tentu tahu akan hal itu, jadi tulislah dengan fakta dan kenyataan dan akan lebih baik jika berdasarkan pengalaman pribadi.

Dan untuk memaksimalkan hasilnya pastikan kalian melakukan optimasi backlink dan internal link juga agar lebih joss dan mungkin mendapatkan posisi di halaman satu. Amin!!

GN 928
GN 928 Hanya seorang penulis yang malas menulis.Artisbiodata

Post a Comment for "Cara Membuat Artikel Pilar untuk Pemula Agar SEO"

Berlangganan via Email