Tips dan Cara Efektif Berjualan di WhatsApp | Mashengki.com Tips dan Cara Efektif Berjualan di WhatsApp - Mashengki.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Efektif Berjualan di WhatsApp

Cara Efektif Berjualan di WhatsApp


Di jaman serba digital ini, terdapat beberapa cara untuk berjualan dengan cara online. Karena itu tidaklah aneh jika usaha yang manfaatkan media internet makin berubah cepat. Ada beberapa basis yang ada, yang dapat digunakan oleh beberapa aktor usaha untuk tawarkan barang dan layanan mereka.

Dapat dengan buka toko online di beberapa marketplace sekalian, berpromosi di sosial media, serta berjualan melalui aplikasi WhatsApp. Kecuali untuk mengirim pesan dan lakukan panggilan suara atau video, aplikasi ini dapat juga digunakan untuk tawarkan produk dan berhubungan dengan konsumen setia.

Artikel ini akan mengulas tips ringkas dan trick cara jualan di WhatsApp, baik dengan WhatsApp Messenger biasa yang sejauh ini kita pakai, atau dengan WhatsApp Business yang mempunyai feature yang makin mencukupi untuk aktor usaha.

Sekarang ini, WhatsApp sudah jadi aplikasi pengirim pesan terpopuler di dunia. Berdasar catatan statistik paling baru, jumlah pemakai aplikasi ini dengan cara global capai 2 milyar orang di 180 negara. Sehari-harinya, minimal ada 1 milyar orang memakai WhatsApp, dan keseluruhan waktu panggilan suara dan video call yang dilaksanakan lewat aplikasi ini capai 2 milyar menit /hari.

WhatsApp sejauh ini diketahui untuk aplikasi untuk terima dan kirim pesan dalam bermacam-macam (text, rekaman suara, photo dan video), untuk chatting dengan beberapa orang sekalian di group, menempatkan posisi berisi text, photo, video seperti feature story di Facebook dan Instagram, share tempat, dan lain-lain.

Tetapi rupanya dengan ada beberapa feature itu, banyak pemakai yang selanjutnya manfaatkan aplikasi ini tidak cuma untuk fasilitas komunikasi dengan keluarga, saudara atau rekan, dan juga untuk melakukan bisnis.

Bila kamu ingin memakai WhatsApp untuk berjualan dengan cara sederhana dan ringkas, kamu dapat ikuti langkah-langkah berikut:

1.Membuat photo yang menarik

Bikinlah beberapa foto produk yang menarik untuk diperlihatkan di profile, posisi dan ditebarkan ke calon konsumen setia melalui broadcast di group WhatsApp. Tidak perlu habiskan banyak uang untuk beli camera DSLR atau sewa photografer profesional untuk bikin galeri photo produk yang menarik, terutama bila bujet bisnismu terbatas.

Cukup hanya memakai handphone yang mempunyai feature camera yang ideal, yang tentunya harga masih tambah murah dibanding camera DSLR.

Pakai tripod jika memang perlu untuk hasil yang optimal. Pikirkan untuk manfaatkan kotak studio photo mini yang banyak dipasarkan di toko online.

Kemudian awalilah melakukan eksperimen untuk membuat banyak photo produk yang menarik cuman dari meja kerjamu dengan beberapa angle. Coba ambil gambar dari pojok yang berlainan, dimulai dari overhead sampai off-center.

Janganlah lupa ambil photo dari tiap bagian, atau dari jarak yang makin dekat bila detil produk mempunyai nilai jual yang tinggi.

2.Membuat Group

Dengan membuat group, kamu dapat menambah saudara, rekan, mitra atau konsumen setia yang mempunyai potensi beli produk kamu, dan melakukan komunikasi sekalian dengan mereka di saat bertepatan tiada perlu lakukan promo dengan chat satu demi satu.

Cukup promokan produk kamu di group agar langsung disaksikan oleh semua anggota group itu, hingga promosinya bertambah efektif.

3.Memperbanyak Rekan

Bila ada peluang untuk berjumpa beberapa orang baru, coba berganti nomor WhatsApp dan jalin jalinan baik dengan mereka. 

Makin banyak jumlah contact WhatsApp yang dipunyai, makin besar juga kesempatan produk kamu untuk dipahami dan dibeli konsumen setia.

4.Mengubah Photo Profile dan Posisi

Mengubah photo profile dan posisi dengan cara teratur dengan gambar beberapa produk yang kamu jual adalah cara yang efektif dan simpel untuk berpromosi dan mengundang perhatian calon konsumen setia.

Dengan demikian, kamu tak perlu terus-terusan posting produk kamu di group. Pakai photo yang menarik dan antik untuk memancing calon konsumen setia untuk mengeklik photo itu.

Di posisi, kamu dapat mengupdate promosi paling baru beberapa produk kamu, dengan tampilkan beberapa foto, video singkat, dan sedikit keterangan.

5.Gampang Dikontak dan Memberi respon

Dengan Cepat Tekankan WhatsApp kamu tetap aktif dan beri balasan dengan cepat dan pas bila ada konsumen setia yang tertarik dengan produk kamu.

Nomor yang gampang dikontak dan tanggapan yang selekasnya membuat konsumen setia berasa dihargai. Mereka dapat menanyakan tentang beberapa info produk dengan gampang dan cepat.

6.Batasi Frekwensi Broadcast

Lumrah jika kamu semangat untuk mempromokan produk kamu, tapi janganlah sampai lakukan broadcast informasi produk dan promo terlalu berlebih atau sering, sebab calon konsumen setia dapat berasa terusik.Kerjakan broadcast, contoh cuman waktu ada produk baru, diskon, atau promosi spesifik yang lain.

Selanjutnya, kita akan mengulas tentang pemakaian WhatsApp Business untuk mengoptimalkan usaha promo dan pemasaran produk dengan manfaatkan bermacam feature yang tidak ada dalam aplikasi WhatsApp Messenger.

WhatsApp Business adalah aplikasi yang lain dari WhatsApp Messenger. Jadi, untuk memakai WhatsApp Business ini, kamu harus mengambilnya lebih dulu dengan gratis di Play Store.

Bila sejauh ini kamu telah terlatih memakai WhatsApp Messenger untuk berjualan dan ingin berpindah ke WhatsApp Business, kamu perlu menyesuaikan dengan beberapa feature yang tidak ada di WhatsApp Messenger.

WhatsApp Business, yang dibuat untuk mempermudah beberapa pebisnis kecil, sangat mungkin pemakainya untuk tampilkan beberapa produk dan service mereka dengan memakai feature daftar.

Beberapa pemilik usaha dapat tersambung dengan konsumen setia mereka, termasuk juga memberi respon pesan dengan gampang dan cepat.

Di bawah ini ialah penjelasan ringkas cara jualan di WhatsApp dan pendayagunaan sejumlah fitur yang ada dalam WhatsApp Business :

1. Register Account

Seperti dalam WhatsApp Messenger, WhatsApp Business harus memakai nomor hp yang aktif. Tetapi, tekankan jika kamu memakai nomor yang lain bernomor yang telah tercatat pada account WhatsApp Messenger, sebab tidak dapat mendaftarkan bernomor yang pernah atau sedang dipakai.

Jadi, jika kamu memang ingin memakai nomor yang serupa, kamu harus memastikan apa tetap memakai WhatsApp Messenger atau berpindah ke WhatsApp Business. 

Sesudah sukses register account, isi nama usaha kamu. Tekankan terisi secara benar sebab tidak dapat dirubah.

2. Mengganti Profile Usaha

Profile usaha yang diperlihatkan, termasuk juga alamat, kelompok usaha, jam membuka dan alamat situs dapat dirubah lewat menu Settings. 

Di sini, kamu dapat lengkapi data seperti tempat kantor atau toko, menambah gambaran usaha, alamat web, dan tampilkan photo. Bila sudah semua terisi secara benar, pilih ‘Save’ untuk simpan perkembangan.

3. Membuat Pesan Broadcast

Membuat pesan broadcast jadi cara atau media yang umum untuk mempromokan satu produk, sebab pesannya bisa mencapai beberapa orang sekalian. 

Gampang sekali membuat pesan broadcast di WhatsApp Business, cukup hanya pilih ‘New Broadcast‘ di menu penting,

lalu tandai contact yang ingin dimasukkan pada daftar penerima pesan broadcast, lalu pilih simbol checklist memiliki warna hijau. Lalu kirimkan pesan itu, dan semua contact yang dalam status online akan terima pesan yang serupa.

4. Membuat Daftar

Produk Aplikasi WhatsApp Business mempermudah pemakainya untuk mempromokan produk mereka dengan feature daftar, di mana pemakai bisa mengupload beberapa foto dari Galeri hp mereka.

 Feature ini mempermudah pemakai untuk memberikan nama produk yang diupload, dan menambah detil opsional seperti harga, code produk, gambaran dan link web.

Feature Daftar dalam WhatsApp ini ialah etalase mobile yang ringkas, dengan penampilan menarik dan style yang pas dengan konsumen setia yang melek digital. 

Di samping itu, aktor usaha juga bisa tingkatkan pemasaran dengan kurangi pembicaraan yang bertumpuk-tumpuk.

5. Membalas Pesan dengan Cepat

Bila kamu memakai WhatsApp Business, kamu dapat membuat balasan atau menjawab pesan dengan cepat yang dengan memakai keyword spesifik. 

Dengan cara ini, kamu dapat mengirit waktu sebab tidak harus menulis kalimat penuh dari awalnya.

6. Memberikan Merek pada Konsumen setia

Feature merek di WhatsApp Business sangat mungkin kamu untuk memberi sinyal pada chat atau contact spesifik untuk info tipe atau posisinya. 

Misalnya, bila kamu terima pesanan baru yang belum dibayarkan oleh konsumen setia, karena itu kamu dapat mengidentifikasi chat itu untuk ‘pending payment’.

7. Membuat Away Message

Away message umumnya dipakai untuk menolong pemakai WhatsApp Business untuk selalu tersambung dengan konsumen setia saat mereka tidak sedang layani konsumen setia sebab tidak ada di tempat atau upayanya sedang tutup.

 Feature ini akan memberi jawaban automatis saat ada konsumen setia yang menyampaikan pesan.

8. Membuat Greeting

Message Greeting message menolong pengurus usaha untuk merajut komunikasi yang bagus dengan konsumen setia. Feature ini akan terkirim dengan cara automatis ke konsumen setia yang menghubunginya, sesudah tidak ada komunikasi waktu 14 hari.

Itu beberapa langkah awalnya cara jualan di WhatsApp Messenger. Agar bisa menyeimbangi kemauan, rutinitas, dan hasrat customer saat ini, beberapa aktor usaha harus cepat menyesuaikan dengan semua tehnologi digital paling baru.

Dengan WhatsApp Business, pemakainya akan dipermudahkan untuk menyesuaikan, sebab pada intinya ini ialah basis akrab yang telah mereka pakai sepanjang tahun.

GN 928
GN 928 Hanya seorang penulis yang malas menulis.Artisbiodata

Post a Comment for "Tips dan Cara Efektif Berjualan di WhatsApp"